Perawatan sepeda motor tentunya sangat penting agar kondisinya tetap bersih dan performanya terjaga. Termasuk diantaranya bagian kaki-kaki seperti ban sepeda motor. Selain menjaga tekanan angin didalamnya dan selalu perhatikan ketebalan dan kondisi permukannya, salah satu perawatan yang paling mudah terhadap ban sepeda motor adalah dengan rutin mencucinya juga memberikan beberapa treathment.

Salah satu treathment pada sepeda motor adalah dengan memberikan semir atau poles pengkilap ban sepeda motor. Lantas apa fungsinya? Berikut ini adalah beberapa manfaatkan menggunakan semir ban sepeda motor, diantaranya.

1. Mengkilapkan ban sepeda motor

Pada umumnya penggunaan semir ban sepeda motor tentunya untuk membuat tampilan ban selalu mengkilap dan tampak basah seperti habis dicuci, sehingga menambah percaya diri saat digunakan berkendara. 

2. Mencegah debu menempel

Beberapa produk semir ban juga bisa memiliki bahan yang membantu membersihkan pemukaan ban sekaligus mencegah debu dan kotoran menempel pada bagian samping ban, sehingga ban selalu terlihat bersih dan seperti baru.

3. Menjaga elastisitas dan mencegah retakan

Kandungan komponen semir ban juga ada berfungsi untuk mencegah retakan dan membantu menjaga elastisitas ban sehingga mampu bekerja optimal untuk fungsi utama ban sepeda motor sebagai penopang beban sepeda motor dan juga membantu menahan benturan dan getara dari permukaan jalan.

Tapi penggunaan semir ban pada sepeda motor juga berpotensi berbahaya jika digunakan secara tidak tepat, sehingga penggunanya harus memperhatikan hal-hal berikut ini.

Jangan gunakan pada tapak ban sepeda motor

Salah satu yang harus dan sangat diperhatikan ketikan menggunakan semir ban sepeda motor adalah jangan gunakan pada tapak permukaan luar ban sepeda motor. Hal tersebut bisa menyebabkan ban kehilangan traksi dan menjadi licin saat digunakan. Jika dibiarkan bisa berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Gunakan pada bagian samping ban saja

Sehingga penggunaan semir atau pengkilap ban cukup digunakan pada bagian sisi samping dan kanan ban sepeda motor. Semir ban juga bisa digunakan untuk pengkilap velg, terutama yang sama-sama memiliki tampilan warna gelap dan tekstur warna doff seperti hitam, coklat atau abu-abu. Tapi untuk warna velg cerah seperti putih, sebaiknya hindari penggunaan semir ban.

Tidak terlalu sering

Walaupun memiliki manfaat, tapi penggunaan semir ban dalam jangka waktu lama dan terlalu sering juga bisa berpotensi menyebabkan kerusakan, seperti permukaan karet ban yang getas akibat kehilangan elastisitas karena beberapa kandungan semir ban.

Untuk itu, gunakan semir ban pada waktu-watu tertentu saja jangan terlalu sering dan yang terpenting adalah selalu menjaga kebersihan ban dan juga merawat serta rutin melakukan pengecekan pada permukaan ban, perhatikan ketebalan dan kondisi ban juga selalu pastikan tekanan ban dalam kondisi ideal.

Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan rutin dan service sepeda motor di bengkel AHASS agar performa mesin terjaga dan sepeda motor selalu dalam kondisi prima. Gunakanlah layanan kunjung AHASS atau booking servis untuk layanan bebas antri.