Salah satu bagian penting yang berfungsi untuk menerangi jalan ketika digunakan berkendara adalah lampu sepeda motor.  Tak hanya digunakan saat malam hari atau ketika kondisi gelap karena kabut atau ketika turun hujan. Lampu sepeda motor juga harus selalu menyala saat siang hari agar bisa terlihat oleh kendaraan lain dari lawan arah. Hal tersebut menjadi salah satu peraturan yang berlaku dan jika dilanggar maka pengendara akan mendapat sanksi.

Untuk menjaga lampu sepeda motor tetap menyala, terdapat beberapa faktor pendukung diantaranya komponen kelistrikan dalam kondisi prima, dan juga bagian mika serta reflektor headlamp yang dalam kondisi baik.

Pada umumnya mika lampu sepeda motor menggunakan material yang kuat, tahan panas dan awet sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Mika lampu sepeda motor terdapat pada bagian headlamp(lampu utama) atau stoplamp(lampu rem) sepeda motor. Selain masalah kelistrikan, seperti bohlam yang putus, atau arus listrik dari baterai yang tidak optimal, terkadang masalah pada lampu sepeda motor juga terdapat pada bagian mika yang mengalami gangguan atau kerusakan. Diantaranya.

Mika lampu sepeda motor mengembun

Kinerja lampu sepeda motor akan terganggu jika terdapat butiran air atau embun yang menempel pada bagian mika lampu sepeda motor. Hal tersebut biasanya disebabkan karena terdapat celah antara mika dengan refelektor. Penyebab bisa terjadi akibat kesalahan pemasangan ketika melakukan pergantian komponen, atau terdapat retakan yang disebabkan oleh faktor benturan atau kecelakaan.

Mika lampu sepeda motor retak

Retakan pada bagian mika lampu sepeda motor juga bisa berpotensi menyebabkan air hujan atau air bekas mencuci sepeda motor masuk ke bagian dalam lampu sepeda motor. Jika dibiarkan terlalu lama, maka bisa berpotensi menyebabkan arus pendek karena bagian komponen lampu yang basah terkena air.

Maka dari itu jika terdapat retakan pada mika lampu sepeda motor, langkah yang tepat adalah segera lakukan penggantian komponen.

Mika lampu sepeda motor timbul bercak jamur

Mika lampu sepeda motor harus selalu mendapat perawatan, salah satu yang paling mudah adalah dengan rutin mencucinya menggunakan sabun. Jika kotoran, debu atau lumpur yang dibiarkan menempel terlalu lama, apalagi dengan kondisi cuaca yang lembab terkadang berpotensi menimbulkan bercak akibat jamur.

Bercak tersebut biasanya sangat sulit dihilangkan menggunakan sabun pencuci biasa. Maka solusinya adalah harus melakukan treatment khusus seperti penggunaan spray anti jamur. Bisa juga menggunakan wax atau cairan khusus untuk menjaga mika tetap bening dan tidak menggangu kinerja lampu sepeda motor.

Mika lampu sepeda motor meleleh

Hindari penggunaan bohlam yang tidak sesuai standar atau menggunakan aksesoris lampu tambahan yang memiliki tegangan yang tidak tepat. Karena hal tersebut menjadi salah satu penyebab mika lampu sepeda motor meleleh akibat panas berlebih yang disebabkan kerusakan pada komponen kelistrikan termasuk diantaranya pada bagian bohlam.

Mika lampu sepeda motor menguning

Mika lampu sepeda motor pada produk keluaran terbaru menggunakan material yang kuat, tahan panas dan awet digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sehingga jika mika lampu sepeda motor tampak kusam dan cenderung menguning, bisa dipastikan itu merupakan penggunaan sparepart palsu atau suku cadang aftermarket berkualitas buruk.

Maka dari itu, selalu gunakan suku cadang yang direkomendasikan sesuai standar pabrik yaitu dengan selalu menggunakan Honda Genuine Parts (HGP) ketika melakukan penggantian sparepart.

Perawatan mika lampu sepeda motor cukup mudah, seperti mencucinya secara rutin agar terhindar dari kotoran yang menempel yang berpotensi menyebabkan kerusakan. Tak hanya bagian mika lampu sepeda motor, tapi rawatlah semua bagian sepeda motor secara teratur, agar tidak hanya menjaga kinerjanya tetap optimal, tetapi juga mengurangi risiko kecelakaan dan kerusakan yang dapat merugikan secara finansial.  

Perawatan yang baik dapat menjadi investasi jangka panjang untuk kenyamanan dan keamanan berkendara. Karena itu, lakukanlah pemeriksaan dan perawatan berkala di AHASS terdekat dengan menggunakan layanan kunjung AHASS atau booking servis untuk layanan bebas antri.