Knalpot merupakan bagian penting pada sepeda motor. Fungsinya adalah untuk mengeluarkan dan menyaring gas buang sekaligus untuk meredam suara bising hasil pembakaran mesin. Tak hanya itu, untuk mendukung estetika tampilan desain sepeda motor, knalpot memiliki beragam jenis dan bentuk menyesuaikan model masing-masing tipe sepeda motor.

Tak hanya itu, Knalpot juga memiliki beragam posisi penempatannya, ada yang ditempatkan di bawah jok belakang seperti Honda CBR600RR, ada juga yang berada di samping bodi motor seperti pada Honda CRF series. Tapi pada umumnya, posisi knalpot selalu ada di sisi sebelah kanan sebelah kanan.

Lantas apa alasanya knalpot sepeda motor selalu ada di sisi sebelah kanan? Kenapa tidak ada knalpot yang ditempatkan di sisi sebelah kiri? Berikut penyebabnya.

1. Mencegah asap knalpot ke arah trotoar

Salah satu penyebabnya adalah karena faktor sejarah. Jaman dulu, sepeda motor dominan menggunakan mesin 2 tak yang mengeluarkan cukup banyak asap dari lubang knalpot. Dan karea pada umumnya pejalan kaki yang berada di sebelah kiri jalan, maka setiap sepeda motor didesain memiliki posisi knalpot di sebelah kanan.

Tentunya sebagai upaya agar asap knalpot tersebut tidak mengarah ke trotoar jalan yang berada di sebelah kiri, maka posisi knalpot ditempatkan di sisi sebelah kanan agar asap yang keluar mengarah ke arah tengah jalanan. Dan walaupun saat ini sepeda motor keluaran terbaru sudah tidak mengeluarkan asap dan polusi, tapi posisi knalpot di sebelah sisi kanan masih tetap di pertahankan.

2. Kebiasaan menurunkan kaki kiri

Alasan lainnya kenapa knalpot sepeda motor berada di sisi sebalah kanan adalah karena biasanya kaki pengemudi yang turun saat sepeda motor standby atau dalam keadaan diam seperti saat di lampu merah adalah kaki kiri, dan kaki kanan menginjak pedal rem.

Maka untuk menghindari posisi kaki agar tidak terkena silenser knalpot yang panas, maka setiap pabrikan mendesain posisi knalpot di tempatkan di sisi sebelah kanan.

3. Banyak yang di bonceng menyamping

Bukan hanya di Indonesia, posisi duduk menyamping dengan posisi kaki di sebelah kiri juga banyak dijumpai di berbagai negara di belahan bumi lainnya. Maka dari itu, agar penumpang yang duduk dibelakang terhindar dari panas knalpot, maka di beberapa negara sejak jaman dulu sudah menerapkan posisi knalpot di sisi sebalah kanan.

4. Untuk keseimbangan

Dan alasan yang paling logis mengapa posisi knalpot berada di sisi sebelah kanan adalah karena pada umumnya posisi gear, sproket dan rantai letaknya di sebelah kiri. Sehingga untuk membuat sepeda motor lebih seimbang dan untuk memudahkan dalam proses perawatan dan pergantian sparepart maka knalpot sepeda motor ditempatkan disisi lain komponen tersebut, yakni di sebelah kanan.

Itulah beberapa alasan dan sejarah asal mula kenapa knalpot sebelah motor ditempatkan di sisi sebelah kanan sepeda motor. Dan yang harus diperhatikan adalah selalu lakukan pengecekan dan perawatan rutin sepeda motor di bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan pelayanan maksimal dari teknisi tersertifikasi Honda. Gunakan layanan booking service dan layanan kunjung untuk layanan bebas antri.