Rem merupakan bagian penting pada sepeda motor. Fungsinya adalah untuk menghentikan laju atau menurunkan kecepatan sepeda motor pada waktu-waktu tertentu. Pada umumnya, Sepeda motor memiliki dua jenis model pengereman, diantaranya rem tromol dan juga cakram dengan meakisme hidrolik.

Untuk rem cakram memiliki beberapa komponen diantaranya tuas rem, tabung reservoir minyak rem, selang, kaliper dan piringan rem cakram. Dan jika diperhatikan rem cakram biasanya memiliki karakteristik bolong-bolong atau berlubang di bagian permukaan piringannya. Apa fungsinya?

Alasan mengapa permukaan rem cakram terdapat lubang dibagian permukaannya ternyata memiliki beberapa fungsi diantaranya.

1. Sebagai pelepasan panas

Model rem cakram memiliki mekanisme dimana kampas rem didorong secara hidrolik untuk menekan bagian piringan cakram yang berputar bersamaan dengan ban sehingga laju kendaraan bisa dihentikan dengan maksimal dan efektif.

Namun karena terjadi gesekan antara kampas dengan piringan rem cakram menimbulkan reaksi panas. Dan jika dibiarkan reaksi panas tersebut bisa merusak komponen dan membuat sistem kerja rem jadi tidak optimal. Dan untuk membuang panas tersebut dibuatlah permukaan piringan rem cakram memiliki tekstur yang berlubang. Selain membuang panas, bolongan atau lubang tersebut juga bisa berfungsi sebagai penerima udara yang didapat secara aerodinamis sehingga bisa mendinginkan permukaan cakram.

Selain lubang, untuk melepaskan panas piringan rem cakram juga biasanya dibuat bergelombang dibagian sisinya atau disebuy juga dengan model wavy disc. Model tersebut terdapat pada beberapa produk sepeda motor Honda salah satunya pada New Honda Vario 125 dan New Honda ADV160.

2. Mengurangi bobot

Dengan adanya lubang juga bisa membuat bobot piringan rem cakram menjadi lebih ringan. sehingga kinerja rem cakram lebih optimal dan tidak terkendala dengan bobot rem cakram yang terbuat dari material logam. Dengan adanya lubang tersebut setidaknya bisa sedikit mengurangi bobot komponen dan juga bobot kendaraan.

3. Membersihkan kotoran

Selain untuk melepas panas dan mengurangi bobot, Lubang pada piringan rem cakram berfungsi juga sebagai media untuk membersihkan piringan rem cakram dimana kotoran yang menempel pada permukaan cakram secara otomatis akan dibersikan oleh kampas dan menumpuk pada bagian lubang.

Untuk itu, agar kinerja rem cakram tetap maksimal. Slelu bersihkan lubang piringan rem cakram dari kotoran yang menumpuk pada bagian tersebut.

4. Alat pengaman

Selain itu, bukan sebagai pendukung kinerja sistem pengereman. bolongan atau lubang pada permukaan rem cakram juga bisa berfungsi sebagai alat pengaman dimana digunakan sebagai media untuk mengunci gembok atau aksesoris berupa kunci rem cakram.

Sama seperti bagian sepeda motor lainnya, piringan rem cakram juga butuh perawatan untuk menjaga kinerja pengereman tetap maksimal. Selalu lakukan pengecekan, perawatan dan perbaikan sepeda motor di bengkel AHASS terdekat untuk medapatkan pelayanan prima dari mekanik handal juga dengan komponen sparepart yang terjamin keasliannya.