Knalpot atau yang memiliki nama lain exhaust atau muffler menjadi salah satu bagian penting pada sepeda motor. Memiliki fungsi utama sebagai peredam suara sekaligus penyaring gas yang terbuang sisa pembakaran serta untuk meningkatkan performa serta menambah estetika desain pada sepeda motor.

Posisi knalpot pada umumnya berada di sebelah kanan sepeda motor, ada juga yang berada di atas tepat di bawah jok atau di samping bodi belakang untuk model motor cross. Namun semua model knalpot memiliki fungsi yang sama, dan wajib terpasang ketika digunakan berkendara. Jika tidak, maka suara yang dihasilkan akan sangat berisik dan menggangu kendaraan lain juga masyarakat sekitar.

Knalpot terdiri dari beberapa komponen penting diantaranya header knalpot yang menempel pada mesin, kemudian ada pipa knalpot yang pada beberapa model terdapat bagian catalytic converter untuk menyaring gas buang berbahaya dilanjutkan pada silencer untuk meredam suara dan dibagian ujungnya terdapat end cap muffler.

Nah, apakah endcap muffler ini hanya berupa aksesoris yang ditempel saja, atau memiliki fungsi? Lantas apakah boleh komponen ini dilepas? End cap muffler ternyata memiliki beberapa fungsi. Diantaranya.

1.Pelindung dari benturan

Fungsi end cap muffler sebenarnya adalah untuk melindungi bagian ujung pada lubang knalpot. Untuk beberapa model bagian lubang knalpot biasanya terdapat pipa kecil untuk mengeluarkan gas buang.

Bagian ini sangat rentan mendapat benturan, dan jika hal tersebut terjadi maka akan merusak dan menghambat proses pembakaran mesin. Maka dari itu, end cap muffler ini bertugas sebagai penanda sekaligus pelindung ujung pada lubang knalpot.

2. Pelindung panas

Sama seperti cover knalpot yang membungkus bagian silenser knalpot sebagai penahan radiasi panas, End Cap muffler ini pun bisa berfungsi untuk melindungi kaki atau bagian tubuh pengendara terkena bagian panas dari ujung ataupun silenser knalpot.

Pada umumnya, End cap muffler terbuat dari bahan plastik atau material yang bersifat isolator yang tidak menyerap panas sehingga lebih aman seandainya tubuh pengendara tidak sengaja menyentuh bagian tersebut.

3. Meningkatkan tampilan

End Cap muffler tentunya memiliki bentuk yang berbeda pada setiap jenis sepeda motor. Hal tersebut tentunya menyesuaikan dengan konsep desain serta untuk meningkatkan tampilan sepeda motor menjadi lebih sporti.

Komponen tersebut biasanya memiliki warna yang berbeda dengan cover dan bagian silenser knalpot. Sebagai contoh, jika cover muffler berwarna hitam, maka bagian end capnya akan dibalut warna silver atau warna lainnya. Hal tersebut bertujuan agar tampilan muffler lebih kontras dengan aksen warna yang berbeda.

4. Aksesoris modifikasi

Selain menjadi komponen bawaan sepeda motor, End Cap muffler juga terkadang dijual terpisah dalam bentuk aksesoris. Selain untuk tujuan modifikasi, di beberapa model End Cup Muffler juga ada yang berfungsi untuk merubah volume suara yang keluar dari lubang knalpot.

Untuk itu disarankan untuk tidak melepas bagian end cap muffler ya Brosis, karena memiliki banyak fungsi dan kegunaan. End cap muffler pun harus selalu mendapat perawatan. Cuci bersih secara rutin dan selalu periksa lalu kencangkan baut komponen tersebut ketika akan melakukan aktivitas berkendara.

Selalu lakukan pengecekan dan perawatan rutin sepeda motor di bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan pelayanan maksimal dari teknisi tersertifikasi Honda. Gunakan layanan booking service dan layanan kunjung untuk layanan bebas antri.