Honda menghadirkan pilihan produk bagi konsumen yang gemar melakukan aktifitas berkedara di jalanan off-road dengan 3 varian motor sport adventure Honda CRF series yang dijual di Indonesia, diantaranya Honda CRF150L untuk mengisi segmen motor sport on-off di kelas 150cc, kemudian Honda CRF250Rally di kelas menengah dan di segmen big-bike premium ada Honda CRF110L atau yang dikenal juga dengan nama produk Honda Afrika Twin.

Semua produk Honda CRF series tersebut memiliki karakter motor yang tangguh dan bisa dibawa di berbagai macam kondisi jalan, dengan menggunakan tipe ban dual purpose sehingga baik di jalanan aspal perkotaan atau juga di jalanan tanah non aspal, berbatu juga berlumpur.

Didukung juga dengan beragam fitur unggulan seperti suspensi model inverted fork, stang tapered handle bar, jok yang nyaman dan tak ketinggalan fitur-fitur modern lainnya yang tak kalah dengan motor Honda terbaru lainnya.

Berikut ini adalah varian Honda CRF series yang dijual di Indonesia yang bisa dibawa berkendara di berbagai kondisi jalan termasuk untuk aktifitas off road.

1. Honda CRF150L

New CRF 150L hadir masih dengan tagline ”Unlimit Your World” melalui penyematan desain dan fitur unggulan, dilengkapi mesin tangguh untuk berkendara di berbagai kondisi jalan berliku, turing, hingga berkendara di perkotaan.

Dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan diantaranya, Digital panel meter juga compact, namun informasinya lengkap, akurat, serta mudah terbaca. Lalu dibagian kaki-kakinya menggunakan inverted front suspension di depan dengan diameter besar, Suspensi belakang dilengkapi sistem Pro-link dengan jarak main (travel axle) 207mm demi pengendalian terbaik dan stabil di berbagai kondisi.

Di sektor ban, model ini dilengkapi pelek aluminium ukuran 21 inchi (depan) dan 18 inchi (belakang) yang ringan dengan kekuatan optimal. Lalu dibalut dengan ban dual purpose dan wavy disc brake yang dapat diandalkan.

Ketangguhannya dicapai berkat penyematan mesin 150cc SOHC PGM-FI berperforma tinggi. dipadu transmisi 5-percepatan, menghasilkan tenaga maksimum 9,51 kW (12,91 PS) @8.000 rpm dan torsi maksimum 12,43 Nm (1,27 kgf.m) @6.500 rpm. Angka tersebut merepresentasikan torsi menjanjikan pada putaran bawah. Kendati demikian, konsumsi bahan bakar tetap sangat irit, mencapai 39,3 km/liter dengan standar EURO3 yang menggunakan metode pengetesan ECE R40.

 2. Honda CRF250Rally

Motor ini merupakan replika dari CRF450 RALLY yang mengikuti uji ketangguhan di Rally Dakar, juga turut mengusung DNA Rally Dakar dan semangat adventure.  Dilengkapi dengan fitur yang berorientasi untuk kompetisi rally dan bodywork yang terinspirasi dari CRF450 RALLY serta kombinasi dari torsi di akhir putaran bawah ditambah dengan substansial power pada akhir putaran atas, CRF250RALLY menghadirkan sensasi berkendara yang menyenangkan saat di jalan on maupun off-road. Model ini juga memberikan kenyamanan saat perjalanan dan praktis dikendarai di perkotaan.  Model ini menampilkan semangat rally di setiap perjalanan.

Yang unik dari CRF250Rally ini adalah desain lampu depan yang compact berbentuk asimetris dengan LED dilengkapi dengan lampu belakang, LED indikator dan dudukan plat nomor dapat dilepas. Panelmeter digital menampilkan speedometer, tachometer, fuel gauge dan jam. Serta Isi tangki bahan bakar yang cukup untuk dibawa menjelajah mencapai 10,1L (termasuk 1,6L cadangan).

Frame CRF250RALLY terbuat dari besi baja, dengan bagian utama ganda berbentuk oval dan semi-double cradle. Wheelbase yakni 1,455mm sangat tepat untuk dipasangkan dengan caster angle / rake sebesar 28,1° dan ukuran trail 114mm dan jarak terendah ke tanah 270 mm (15mm lebih tinggi dari CRF250L). Berat model ini 155 kg.

Suspensi depan menggunakan ukuran 43 mm Inverted Front Fork Showa baru sama dengan panjang langkah 250mm, sama dengan kembarannya (CFR250L), Suspensi belakang Pro-Link dengan panjang langkah 265mm, Tak ketinggalan penggunaan Swingarm tapered alumunium dipadukan dengan monoblock cast menghadirkan keseimbangan kekuatan yang tepat dan mengurangi beban un-sprung. rim wheel alumunium dengan warna hitam Alumite (dengan ukuran 21 inchi bagian depan dan 18 inchi belakang) dan menggunakan ban dengan pola dual purpose (depan: 3.00-21 51P, belakang: 120/80-18M/C 62P).

CRF250RALLY mengusung mesin 250cc liquid-cooled single-cylinder DOHC difokuskan pada pada torsi bawah dan tenaga di rpm tinggi sekaligus mengirimkan tenaga secara linier. Bahkan model ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 18.2kW / 8.500 rpm dan torsi maksimum 22.6Nm / 6,750 rpm.

3. Honda CRF1100L (Africa Twin)

Dan yang ketiga ada Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports kini hadir dengan beragam fitur canggih terbaru,  Bigbike Honda yang yang bisa digunakan untuk berkendara di segala medan ini dilengkapi mesin berkapasitas 1.084 cc 4 stroke SOHC dengan konfigurasi parallel twin-cylinder berpendingin cairan, mampu menghasilkan tenaga maksimal 73 kW @7500 rpm dan torsi puncak 103 Nm @6000 rpm. Karakter CRF1100L Africa Twin Adventure Sports memiliki tenaga yang kuat di semua putaran mesin. Hadir dengan pengaplikasian 4+2 riding mode.

Fitur-fitur canggih pada motor sport adventure ini pun mendukung pengendara dalam melakukan turing jarak jauh. Full digital panel meter yang merupakan layar sentuh TFT dengan besar 6,5 inch menampilkan informasi yang lengkap seperti riding mode, temperatur udara, kecepatan, dan banyak informasi lain yang dapat diatur sendiri oleh pengendara. Selain memiliki fitur Android Auto, model ini juga didukung oleh Apple Car Play dan koneksi bluetooth. Tersematnya fitur cruise control pada model ini turut memberikan rasa nyaman bagi pengendara saat menikmati perjalanan.

Pada tipe DCT terdapat 2 mode, yaitu Mode D menawarkan keseimbangan terbaik antara konsumsi bahan bakar dan kenyamanan berkendara, sementara mode S memberikan tambahan performa sport. Ada juga ”G switch” untuk torsi lebih bertenaga pada RPM rendah saat melewati medan off-road. Saat fitur ”G” ini dimatikan, pengiriman tenaga akan lebih lembut. Untuk Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports tipe DCT telah dilengkapi fitur cornering detect. Fitur ini berfungsi menghasilkan perpindahan gigi lebih natural saat melewati belokan.

Untuk memberikan kemudahan konsumen dapat berinteraksi langsung via Whatsapp dengan nomor telepon 0811-2291-723 melalui Virtual Sales Assistant bernama DARA yang merupakan chatbot yang siap membantu melayani kebutuhan konsumen Honda secara kapan saja dan dimana saja.

Selain itu, seluruh konsumen pengguna sepeda motor Honda di wilayah Jawa Barat juga dapat memanfaatkan aplikasi Daya Auto untuk mendapatkan kemudahan konsumen dalam melakukan booking servis tanpa antri melalui fitur booking service. Aplikasi Daya Auto dapat di download melalui Google Play Store dan iOS dengan menawarkan beragam fitur-fitur, diantaranya adalah kemudahan booking service, online katalog motor dan suku cadang sepeda motor Honda, KPB digital, dan nikmati keseruan games dan hadiah menarik yang bisa ditukarkan dengan menggunakan poin Hepigo.